Semua Isi Postingan Merupakan Pengalaman Pribadi Selama Menjadi Seorang IT

Monday, October 2, 2017

Cara Mudah Mengatasi Pesan Error "User Profile Cannot Be Loaded" Pada Windows 7

Beberapa hari yang lalu Admin mengalami masalah pada laptop Admin sendiri yakni tidak bisa logon di Windows 7 muncul pesan error “The User Profile Service failed the logon. User profile cannot be loaded”. Awalnya Admin beranggapan kalau itu akibat salah memasukan password namun setelah admin coba kembali ternyata masih belum bisa login. Saat pesan error ini muncul, hanya ada 2 pilihan yakni shutdown atau restart. Baik di shutdown maupun di restart semuanya tidak dapat mengatasi masalah error tersebut.
Umumnya penyebab error “The User Profile Service failed the logon. User profile cannot be loaded” ini terjadi karena sistem pada Windows tidak bisa membaca atau mengenali user profile dengan benar pada saat melakukan log on. 

Untuk mengatasi gagal login pada Windows dengan pesan error "User Profile Cannot Be Loaded" sebenarnya sangat mudah. Ada beberapa cara untuk mengatasi pesan error seperti ini namun Admin akan membagikan cara yang paling mudah dan simple yakni dengan merubah beberapa settingan di Registry Editeor. 


Cara Mudah Mengatasi Pesan Error "User Profile Cannot Be Loaded" di Windows 7

Langkah pertama teman-teman harus masuk ke Save Mode. Restart PC/Laptop, tekan F8 berulang-ulang (sebenarnya cukup sekali saja tekan F8 nya, tapi kalau moment nya tidak pas pasti gagal masuk di save mode). 

Silahkan Log in dengan password account nya. Pada safe mode ini teman-teman bisa login dengan mudah tanpa ada pesan error.

Selanjutnya masuk kesettingan registry, caranya tekan icon windows + R lalu ketik "Regedit" tanpa tanda petik lalu enter.


Setelah masuk ke jendela registry editor, Klik folder HKEY_LOCAL_MACHINE >> SOFTWARE >> Microsoft >> Windows NT >> CurrentVersion >> ProfileList. Lihat gambar di bawah. 


Pada Folder ProfileList disitu ada dua folder yang namanya berawalan S-1-5 (SID key) diikuti dengan nomor panjang. perbedaan keduanya terdapat pada akhirannya. folder yang satu berakhiran .bak dan yang satu lagi tidak berakhiran .bak.


Klik kanan dan pilih rename pada folder tanpa .bak (folder pertama) kemudian tambahkan dengan akhiran .bk pada folder tersebut.


Klik kanan dan pilih rename pada folder yang berakhiran .bak (folder kedua) hapus akhiran .bak pada nama folder tersebut.


Pilih folder kedua tanpa akhiran .bk, pada panel sebelah kanan double klik RefCount dan ketik 0 (angka nol) pada value data kemudian klik OK.



Masih di panel sebelah kanan, selanjutnya double klik State dan ketik 0 (angka nol) pada value data kemudian klik OK.



Cukup sekian untuk postingan kali ini, jika ada kalimat ataupun bahasa yang kurang dipahami, mohon maaf sebesar-besarnya karena belalang-kampung masih pemula.

Baca Juga : Tutorial Lengkap Cara Instal Windows 7 Via USB Flashdisk.

Terimakasih atas kunjungannya, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Jangan lupa follow dan kunjungi terus blog belalang-kampung untuk update informasi menarik lainnya.


0 komentar: