Semua Isi Postingan Merupakan Pengalaman Pribadi Selama Menjadi Seorang IT

Monday, August 14, 2017

Cara Setting dan konfigurasi Antena Litebeam 5AC 23dbi Sebagai Station

Di postingan sebelumnya Admin sudah jelaskan cara setting dan Configurasi Antena LiteBeam 5AC 23dBi sebagai Acces point. Nah, pada postingan kali ini Admin akan berbagi tentang cara setting dan configurasi Antena LiteBeam 5AC 23dBi sebagai Station. 


Persiapkan terlebih dahulu alat dan bahannya :
1. Laptop
2. Anten Litebeam 5AC (termasuk Power adapter +PoEnya).
3. Kabel Jaringan UTP (2 buah).



Pertama hubungkan Laptop dengan Antena Litebeam 5AC menggunakan Kabel jaringan UTP dan Power Adapter + PoE nya. 


Laptop ---> PoE Adapter (Port LAN), PoE Adapter (Port PoE) -----> Antena Litebeam.

Setting IP Addres Laptop sekelas dengan IP Addres Antena Litebeam 5AC. Secara default, IP Anten litebeam 5ac adalah 192.168.1.20. maka isikan IP Addres Laptop 192.168.1.xx. Sebagai contoh Admin memaikai IP 192.168.1.40 untuk IP Laptop.

Sekarang browsing ke  IP Address Antena litebeam 192.168.1.20 lalu enter.

Centang tulisan “Automatically . . . “ agar teman-teman di izinkan untuk masuk di settingan litebeam 5ac. Kemudian klik “proceed to 192.168.1.20 (unsafe).”

Sekarang isi username, pasword, country dan jangan lupa centang persetujuan Licence Agreement. Untuk username dan pasword defaultnya “ubnt” tanpa tanda petik.

Pada tampilan menu utama, disitu ada tulisan yang di blok merah yang menyarankan untuk ganti password. Di Abaikan saja, nanti setelah melakukan perubahan lalu ganti pasword defaultnya.

Selanjutnya masuk di menu Network, network modenya pilih bridge. Configuration modenya simple dan IP Addresnya pilih yang statis. Isikan IP Addres Antena Litebeam 5ac disesuaikan dengan IP Address Acces point target yang sudah disetting sebelumnya. Lalu Klik Save changes.

Disini teman-teman disarankan harus mengganti password default dari antena Litebeam 5AC. Silahkan teman-teman ganti dengan password yang mudah di ingat (rekomendasi dari Admin, buat password perpaduan angka, huruf dan simbol)

Setelah IP Addres default Antena Litebeam 5ac diganti dengan IP Address yang baru maka jangan lupa IP Address laptop juga harus di ganti agar teman-teman bisa masuk kembali ke dalam menu settingan litebeam 5ac.

Kemudian Browsing kembali menggunakan IP Addres Antena Litebeam yang baru lalu login. jangan lupa juga gunakan pasword  login yang baru.

Selanjutnya teman-teman setting di Menu Wireless, Wireless Modenya pilih Station PTP, klik Sellect SSID untuk mencari Wifi/Acces point target yang sudah disetting sebelumnya. Setelah Acces point target ditemukan, klik "Lock to AP". Disini Admin memilih SSID WR.**** to S***** (Acces point yang sudah di setting sebelumnya). channel widht pilih yang tertinggi (20 Mhz), center frequensinya pilih auto. Jangan lupa klik save change setiap melakukan perubahan.



Di menu services cukup hilangkan tanda centang pada pilihan “secure connection (https)” dan beri tanda centang pada pilihan “NTP Client”. Lalu Klik Save changes.

Pada menu System, atur time zone dan administrator username untuk login user admin. Device name untuk menamai perangkat litebeam yang kita gunakan. Jangan lupa klik Save changes.

Sekarang anten litebeam 5AC 23dbi sudah terhubung ke Acces point target. Untuk melakukan pengujian apakah antena litebeam sudah terhubung ke acces point yakni melakukan ping ke IP Address Acces point. 

Lakukan Ping ke IP Addres Acces point, Buka CMD lalu ketik ping 10.10.xx.xx (xx.xx sesuaikan dengan IP lokal acces point target) lalu enter. Jika hasil ping "Reply From 10.10.xx.xx . . . ." maka anten litebeam station sudah terhubung ke acces point target.

Cukup sekian untuk postingan kali ini, jika ada kalimat ataupun bahasa yang kurang dipahami, mohon maaf sebesar-besarnya karena belalang-kampung masih pemula. Terimakasih atas kunjungannya, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Jangan lupa follow dan kunjungi terus blog belalang-kampung untuk update informasi menarik lainnya.


3 komentar:

gamma tech-plus cyber said...

Nanya ni gan... Fungsi NTP nya utk apa ya...mohon penjelasannya

Belalang Kampung said...

NTP Client (Network Time Protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk melakukan sinkronisasi waktu (baik itu tahun, bulan, hari, tanggal, jam, menit dan detiknya) dalam sebuah sistem jaringan.
Jadi Fungsi NTP sendiri adalah untuk mensinkronkan waktu pada perangkat yang di setting dengan waktu pada sistem jaringan.

Unknown said...

Gan ko punya saya setelah di scan ga bisa lock ap macc kolom centang nya juga ga muncul makannya ga bisa lock ap macc, itu knp ya?
Bls dong gan ke WA 082318394170