Semua Isi Postingan Merupakan Pengalaman Pribadi Selama Menjadi Seorang IT

Monday, August 14, 2017

Cara Setting dan konfigurasi Antena Litebeam 5AC 23dbi Sebagai Acces Point

Cara Setting dan konfigurasi 
Antena Litebeam 5AC 23dbi Sebagai Acces Point

Saat ini sudah banyak sekali beredar di kalangan masyarakat sebuah perangkat wireless dengan berbagai tipe dan modelnya. Dari banyaknya perangkat wireless baik perangkat Outdoor maupun yang indoor masing – masing memiliki kelemahan dan kelebihan.

Pada postingan kali ini Admin akan berbagi ilmu tentang “Cara Setting dan konfigurasi Antena Litebeam 5AC 23dbi Sebagai Acces Point”. Disini Admin menggunakan Antena/radio Produk dari Ubiquiti Seri 5AC 23dbi.

Baiklah, Sebelum kita masuk ketahap Setting dan konfigurasi Litebeam 5AC 23dbi, persiapkan terlebih dahulu alat dan bahannya :
1. Laptop
2. Anten Litebeam 5AC (termasuk Power adapter +PoEnya).
3. Kabel Jaringan UTP (2 buah).
4. Kopi Hitam + Makanan ringan.. wkwkwkw biar semangat .

Disini Admin menganggap teman-teman sudah bisa merakit sendiri antena/radio litebeam 5AC yang akan di setting. Jika belum paham cara merakit sendiri, Admin akan jelaskan dipostingan berikutnya. 

Langkah awal Cara Setting dan konfigurasi Antena Litebeam 5AC 23dbi Sebagai Acces Point yakni menghubungkan Laptop dengan Antena Litebeam 5AC menggunakan Kabel jaringan UTP dan Power Adapter + PoE nya. 

Laptop ---à PoE Adapter (Port LAN), dan PoE Adapter (Port PoE) ---à Antena Litebeam. 

Selanjutnya setting IP Laptop disesuaikan atau harus sekelas dengan IP litebeam 5AC. Secara default, IP Antena litebeam 5ac adalah 192.168.1.20. Sebagai contoh Admin memakai IP 192.168.1.30 untuk IP Laptop. 




Buka browser, disini Admin menggunakan Crome. Masukan IP Anten litebeam 192.168.1.20 lalu enter.  




Centang tulisan “Automatically . . . “ agar kita di izinkan untuk masuk di settingan litebeam 5ac. Kemudian klik “proceed to 192.168.1.20 (unsafe).” 

Sekarang isi username, pasword, country dan jangan lupa centang persetujuan Licence Agreement. Untuk username dan pasword defaultnya “ubnt” tanpa tanda petik. 

Sekarang teman-teman sudah berhasil login dengan username dan pasword default dari produk Ubiquiti ini. Pada tampilan menu utama, disitu ada tulisan yang di blok merah yang menyarankan untuk ganti password. Di Abaikan saja, nanti setelah melakukan perubahan lalu ganti pasword defaultnya.
 



Masuk di Menu Wireless, pilih Acces point PTP pada wireless modenya, SSID isi sesuai selera teman-teman, channel widht pilih yang tertinggi (20 Mhz), center frequensinya pilih auto. Jangan lupa klik save changes setiap melakukan perubahan.

Disini teman-teman disarankan harus mengganti password default dari antena Litebeam 5AC. Silahkan teman-teman ganti dengan password yang mudah di ingat (rekomendasi dari Adminbuat password perpaduan angka, huruf dan simbol)

Kemudian pada menu Network, pilih bridge pada network modenya. configuration modenya pilih simple dan IP Addresnya pilih yang statis. Isikan IP Addres, netmask, gateway dan DNS litebeam 5ac disesuaikan dengan IP Lokal dijaringan teman-teman gunakan. 

Biasanya Setelah mengganti IP default Litebeam, connection akan error. Hal ini terjadi karna IP Laptop dan Antena Litebeam sudah berbeda kelas, jadi rubah kembali IP Addres Laptop disesuaikan dengan IP litebeam yang baru di ganti tadi.


Sekarang masuk kembali ke settingan Litebeam via browsing menggunakan IP yang baru. Masukan username dan password lalu klik login. 



Di menu services cukup hilangkan tanda centang pada pilihan “secure connection (https)” dan beri tanda centang pada pilihan “NTP Client” 

Pada tab System, atur time zone dan administrator untuk user. Device name untuk menamai perangkat litebeam yang kita gunakan. 

Sekarang antena litebeam 5AC 23dbi sudah selesai di setting. Hubungkan antena litebeam yang sudah disetting ke perangkat router, pastikan jaringan yang teman-teman gunakan dalam keadaan ON. Sekarang buka smartphonenya dan scan wifi, apakah terbaca SSID litebeam yang sudah di setting tadi, jika belum coba perhatikan kembali settingan antena litebeamnya. 


Cukup sekian untuk postingan kali ini, jika ada kalimat ataupun bahasa yang kurang dipahami, mohon maaf sebesar-besarnya karena belalang-kampung masih pemula. Terimakasih atas kunjungannya, jika ada pertanyaan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar. Jangan lupa follow dan kunjungi terus blog belalang-kampung untuk update informasi menarik lainnya.




9 komentar:

Unknown said...

Gan saya baru pasang sekitar 2 bulan menggunakan lite beam m5..
Pertanyaan saya, (masih awam)
konek wifi langsung ke kabel lan POE
Langsung dilaptop, sama menggunakan wireles router, cepat mana ya bang kecepatan wifinya ? Soalnya saya suka donwload file2 yg besar,,apalagi signal streng diradionya -79 itu dah paling mentok gk bisa turun..karena punya saya daerah perbukitan..mohon jawabanya bang,,masih awam nie...

Belalang Kampung said...

Jika koneksi Laptop menggunakan kabel LAN yang terhubung dari PoE itu artinya bukan menggunakan wifi melainkan menggunakan LAN (jaringan via kabel). dan jika di bandingkan dengan menggunakan wifi router maka kecepatan koneksi internet lebih cepat menggunakan kabel yg terhubung ke PoE. Wifi yang di pancarkan dari router tidak semua akan diterima oleh laptop yang agan gunakan.

Unknown said...

Gan.. jika sudah seting ditancapkan router yang 5Ghz atau yang 2.4 Ghz juga bisa Gan... ditancapkan sebelah Mana Gan ..PoE / LAN / WAN atau router yang support apa Gan .. Skemanya Gan Tolong Dikasih Tau Gan...

Anjar.Sky said...

sama gan aku juga bingung aku pke lbe m5 juga gan.tpi klo yg 40 mhz tidak kebaca gan di router extender gan klo klo pke router buat yg 40 mhz bgusny pke router yg dual band ap yg biasa gan mohon pencerahaany

Yayat said...

Mohon info kalo litebeam tidak terdetek.atau tidak bisa masuk kekonfigurasi caranya bagaimana?..

Yayat said...

Mau tanya gan kalo litebeam m5 saya tidak bisa mauk kekonfigurasi.mohon info?..

Belalang Kampung said...

dipastikan kembali apakah LB M5 nya masih bagus, biasanya lampuLED power on. Jika masih bagus coba agan resset ulang LT M5 Nya. masukan IP Laptop sesuaikan dengan IP default Litebeam. Hubungkan Laptop ke Anten Litebeam menggunakan PoE.

Hazima said...

Gan Ane Mau Tanya , Kalau Untuk Setting Sebagai Receiver Gimana yah? gan ane masih awam kalau sama ubiquity

Belalang Kampung said...

@Ozzac Lamania, Untuk setting Litebeam sebagai station atau receiver bisa buka di link berikut : https://belalang-kampung.blogspot.com/2017/08/cara-setting-dan-konfigurasi-antena.html

terimakasih gan atas kunjungannya, semoga bermanfaat.